Tips

Jual smartphone? 7 tips yang tidak boleh Anda lupakan

Mungkin Anda masih memiliki beberapa perangkat lama yang ingin Anda singkirkan, atau Anda ingin menjual smartphone bekas yang terakhir karena Anda memiliki perangkat lain. Ada beberapa hal yang penting untuk diketahui. Kami akan mencantumkannya untuk Anda.

Tips menjual smartphone Anda

Sayang jika smartphone bekas Anda hanya berdebu saja. Mungkin Anda bisa membuat orang lain senang dengannya dan menghemat uang saku. Misalnya, karena Anda tidak lagi menggunakannya, atau karena Anda lebih suka menggunakan perangkat lain. Bagaimana Anda melakukannya?

1. Buat cadangan

Hal terpenting sebelum benar-benar menguras ponsel Anda adalah membuat cadangan. Ini sangat berguna untuk perangkat Android, karena Anda dapat segera memasangnya kembali di perangkat baru Anda. Oleh karena itu, cara paling mudah adalah dengan membuat cadangan di akun Google Anda. Anda dapat melakukannya dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini;

  1. Buka pengaturan smartphone Android Anda, dan cari opsi ‘Google’ di menu.
  2. Di sana Anda akan mendapatkan gambaran umum lengkap dengan semua opsi yang ada hubungannya dengan akun Google Anda. Pilih ‘Buat cadangan’.
  3. Anda kemudian akan melihat kapan cadangan terakhir dibuat. Tentu saja Anda ingin memiliki data terbaru di cadangan Anda. Tekan bilah biru ‘Cadangkan sekarang’. Ini membutuhkan waktu. Anda juga dapat mengambil cadangan Foto Google Anda.

Perlu diketahui juga bahwa tidak semua data disertakan dengan cadangan ini. Disarankan untuk membuat cadangan WhatsApp terpisah. Untuk melakukan ini, buka pengaturan WhatsApp> obrolan> Cadangan obrolan> Buat cadangan. Ini juga disimpan di akun Google Drive Anda.

Periksa juga pada perangkat Android Anda saat ini apakah ada aplikasi yang tidak secara otomatis mentransfer data yang ingin Anda simpan. Ini bisa berupa semua jenis aplikasi, aplikasi tugas, aplikasi catatan, atau aplikasi lain. Juga periksa apakah kontak Anda ada di memori ponsel Anda, atau apakah semuanya telah ditransfer ke akun Google Anda. Anda dapat memeriksanya dengan membuka Google Kontak di browser Anda (mungkin di PC Anda) .

2. Hapus WhatsApp

Berguna untuk menghapus WhatsApp dari perangkat Anda. Dengan cara ini Anda tidak akan melewatkan pesan baru selama Anda beralih ke perangkat baru. Dengan cara ini Anda juga mendapatkan keuntungan dari cadangan Anda. Jika Anda populer di WhatsApp, sementara itu mungkin ada banyak pesan baru yang masuk, yang akan Anda lewatkan di cadangan.

3. Keluarkan SIM dan kartu memori Anda

Langkah penting dalam ‘proses’ ini adalah mengeluarkan kartu SIM Anda dan mungkin kartu memori. Terkadang Anda harus mencari pin, atau jarum SIM, untuk membuka slot ini. Jika Anda tidak dapat lagi menemukannya, Anda juga dapat menggunakan ujung penjepit kertas.

Jika Anda tidak lagi membutuhkan kartu memori Anda, disarankan untuk memformatnya. Ini dapat dilakukan melalui perangkat. Untuk melakukan ini, buka Pengaturan> sistem dan pembaruan / pengaturan tambahan> reset> dan pilih format kartu memori Anda. Anda juga dapat melakukannya melalui adaptor kartu memori di komputer.

Lebih mudah lagi menyimpan kartu memori sendiri dan tidak memasukkannya ke dalam penjualan. Dengan cara ini Anda tidak perlu khawatir data masih bisa diambil. Pada beberapa perangkat, Anda juga dapat menghapus penyimpanan kartu memori melalui Pengaturan> penyimpanan> kartu memori> format. Jangan lupa untuk menghapusnya dari ponsel Anda setelah diformat.

4. Kembali ke pengaturan pabrik

Apakah Anda yakin bahwa semua data dicadangkan, kartu keluar dan semua yang ingin Anda simpan? Kemudian sekarang kita bisa pergi ke bagian ‘terakhir’ dari rencana langkah demi langkah ini; kembali ke pengaturan pabrik. Ini akan menghapus semua yang disimpan di telepon.

Lokasi opsi ini dapat berbeda untuk tiap ponsel. Untuk beberapa perangkat, ini di bawah pengaturan tambahan, untuk beberapa di bawah perangkat lunak & pembaruan. Anda juga akan menemukan opsi jika Anda menggunakan fungsi pencarian di bagian atas pengaturan. Misalnya, di Huawei Anda melihat ‘Atur ulang semua pengaturan’, ‘Atur ulang pengaturan jaringan’ dan ‘Atur ulang telepon’. Pilih ‘Reset phone’, jika tidak, tidak semuanya akan terhapus. Kemudian Anda mendapatkan gambaran umum tentang apa yang sedang dihapus. Persetujuan? Kemudian penghapusan dapat dimulai.

5. Membersihkan

Ponsel cerdas adalah sumber bakteri. Kami baru-baru ini menulis artikel ekstensif di DroidApp tentang cara membersihkan dan menjaga kebersihan ponsel cerdas Anda. Misalnya, Anda bisa mengusap sidik jari dengan lap kering dan membuat layar terlihat lebih rapi lagi. Jadi pastikan untuk membaca artikel ini tentang membersihkan ponsel cerdas Anda .

6. Pengepakan

Jika Anda masih memiliki kotak asli ponsel Anda, segera ambil. Masukkan kabel USB / charger dan adaptor, jangan lupa jarum SIM dan aksesoris lainnya. Jika Anda telah menggunakan kasing, dan masih terlihat bagus, mungkin menarik bagi pembeli untuk mengirimkannya. Bersihkan juga. Jika Anda belum pernah menggunakan headset yang disediakan, Anda juga dapat menyediakannya. Jika Anda telah menggunakannya, tidak terlalu higienis untuk memasoknya.

7. Ayo jual

Sekarang penjualan bisa dimulai. Anda bisa meletakkannya di Marktplaats. Gunakan foto bagus yang juga menunjukkan kerusakan. Dengan cara ini Anda memberikan gambaran yang jujur ​​kepada pihak yang berkepentingan. Jangan salin dan tempel teks terkenal (Wikipedia), tetapi tulis sesuatu tentang perangkat, beberapa spesifikasi dan alasan mengapa Anda menjualnya. Jika masih ada garansi, berikan juga kuitansi kepada pembeli.

Pilih apakah Anda mengizinkan orang menawar, bekerja dengan harga tetap, atau opsi lain. Ingatlah bahwa Anda jarang mendapatkan apa yang Anda minta. Mungkin tidak perlu, tetapi jika Anda mengirim ponsel cerdas lama Anda kepada seseorang, minta mereka membayar sebelum Anda mengirim paket.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Tolong matikan AdBlock / Anti Iklan