Review Nokia 5.3
Review Nokia 5.3

Review Nokia 5.3: HP Unggulan Harga Murah

Review Nokia 5.3 – Nokia telah lama menggunakan smartphone Android-nya. HMD Global melakukan bisnis yang baik dengannya, tetapi persaingan di segmen yang dijerumuskan Nokia sangat ketat. Ini juga berlaku untuk Nokia 5.3. Apakah perangkat ini di atas pesaingnya? Kami mengujinya dalam tinjauan ekstensif Nokia 5.3.

Review Nokia 5.3

Sejumlah perangkat telah dirilis oleh Nokia dalam seri 5. Tidak hanya ada 5, tetapi juga 5.1 dan 5.1 Plus . Namun, 5.2 tidak pernah muncul. Sebagai gantinya, HMD Global melompat ke generasi .3, yang juga mencakup Nokia 5.3 ini.

Nokia 5.3 memiliki cukup kemampuan untuk menjadi smartphone yang sukses. Pikirkan Android One, yang memastikan Anda melakukan pembaruan untuk jangka waktu yang lebih lama, perumahan yang kokoh, dan spesifikasi istimewa. Dalam beberapa minggu terakhir kami telah berkeliling dengan smartphone baru dan pengalaman kami dapat dibaca dalam Review Nokia 5.3.

Review Nokia 5.3

Paket penjualan dan kesan pertama

Android One dipromosikan lagi pada kemasan Nokia 5.3. Tidak mengherankan, karena ini benar-benar bernilai tambah saat membeli perangkat baru. Sudah lazim bagi produsen, terutama dalam kisaran harga ini, untuk membiarkan pembaruan terjadi dan itu benar-benar tidak mungkin lagi hari ini. Dalam paket tersebut kami menemukan pengisi daya USB-C, adaptor, headset sederhana, jarum SIM dan beberapa dokumen.

Kesan pertama kami tentang Nokia 5.3 adalah positif. Ini adalah perangkat yang agak lebih besar, selesai dengan rapi dan memiliki semua yang Anda butuhkan. Jadi berikut review nokia 5.3.

Desain, tampilan, dan antarmuka

Review Nokia 5.3 Desain dilengkapi dengan layar 6,55 inci dengan resolusi HD + 1600 x 720 piksel. Jika Anda terbiasa dengan smartphone kelas atas, Anda akan melihat perbedaannya dengan layar Full-HD, tetapi pada harga ini tidak masalah. Ponsel ini memiliki drop-notch di mana kamera depan 8 megapiksel ditempatkan. Kami yakin tentang layar, yang tentu saja mudah dibaca untuk perangkat dari segmen ini di bawah sinar matahari penuh. Kecerahan minimum juga cukup menyenangkan di lingkungan dengan sedikit atau tanpa cahaya.

Sayang sekali adalah tombol Google Assistant. Kami sudah menunjukkan ini dalam Review Nokia 6.2 , dan Anda terlalu sering menekannya secara tidak sengaja karena tingginya sama dengan tombol daya. Anda mengambil perangkat di sana ketika Anda menekan tombol volume. Untungnya, Anda dapat menonaktifkannya, tetapi kami lebih suka Nokia memberi kami opsi untuk menautkan tindakan yang dipilih di sini, seperti membuka aplikasi favorit Anda. Di sebelah kanan, ruang tersisa untuk tombol volume dan tombol daya. Berguna, tombol daya juga berfungsi sebagai lampu notifikasi. Ini menyala ketika laporan baru dibuat. Kami juga melihat ini dengan perangkat sebelumnya.

The 5.3 juga memiliki koneksi 3,5 milimeter di papan, bersama dengan koneksi USB-C dan speaker di bagian bawah unit. Di belakang kami menemukan pemindai sidik jari, bersama dengan kamera quad bundar yang mencolok. Jika Anda tidak memiliki tangan yang terlalu kecil, perangkat ini sangat bagus di tangan, meskipun bagian belakangnya mungkin agak licin.

Antarmuka

Antarmuka perangkat seperti yang biasa kita gunakan dari Nokia; ini berarti pengalaman Android yang hampir tak tersentuh tanpa kerepotan. Anda dapat menggunakan tombol navigasi yang biasa, atau memulai dengan gerakan. Di bagian atas layar Anda akan menemukan notifikasi, bersama dengan pengaturan cepat. Kami menemukan bug di sini di mana Pengaturan Cepat untuk NFC tidak dapat diaktifkan melalui sana. Luar biasa, karena kami sudah menemukan bug serupa dengan Nokia 6.2. Nokia harus lebih memperhatikan hal ini.

Selain itu, Nokia 5.3 memberi Anda akses cepat dari layar beranda ke Google Discover Anda. Di sini Google menyajikan berita Anda yang mungkin menarik bagi Anda. Tentu saja Anda juga dapat mengisi layar dengan pintasan dan widget dengan perangkat Android ini. Anda membuka menu dengan gesek dari bawah ke atas.

Komunikasi dan multimedia

Pada Nokia 5.3 Anda akan menemukan aplikasi Google standar untuk panggilan dan SMS. Anda juga dapat menggunakan keyboard Gboard untuk mengirim pesan. Aplikasi panggilan Google cukup jelas. Kualitas suara panggilan telepon di atas rata-rata, tidak ada masalah dan suara sebening kristal. Kita kadang-kadang melihat itu berbeda dengan perangkat sekitar 200 euro; dengan Nokia 5.3, itu bagus.

Anda dapat menggunakan ponsel di jaringan 4G, tetapi tentu saja ada juga dukungan WiFi. Anda dapat terhubung ke jaringan 2.4GHz dan 5GHz. Anda dapat langsung melihat di ikon di bilah status jenis jaringan yang Anda hubungkan. Misalnya, Anda akan melihat angka kecil ‘5’ di sebelah simbol WiFi Anda. Selanjutnya, smartphone ini dilengkapi dengan Bluetooth, NFC dan tentu saja GPS.

Nokia 5.3 tentu tidak buruk untuk menggunakan multimedia. Anda tidak memiliki resolusi Full-HD, tetapi Anda memiliki layar yang dapat dibaca yang baik yang dapat dibaca tanpa masalah bahkan pada hari-hari yang cerah. Selain itu, Anda akan menemukan radio FM di Nokia dan Anda dapat mendengarkan musik melalui headset 3,5 mm, atau melalui speaker. Kualitas suara dari speaker sangat bagus untuk harga ini, meskipun volume maksimum bisa sedikit lebih keras.

Kamera

Itu terlihat mengesankan di bagian belakang perangkat; modul kamera. Empat kamera dapat ditemukan di papan atas Nokia 5.3; sensor utama 13 megapiksel, lensa sudut lebar 8 megapiksel, kamera kedalaman 2 megapiksel, dan lensa makro 2 megapiksel. Jadi Anda dapat memotret dalam sudut lebar, normal atau dengan mode makro. Meskipun memiliki banyak lensa, melakukan zoom in bukanlah suatu pilihan. Meskipun, Anda dapat memperbesar secara digital, tetapi tentu saja ini tidak membuat gambar yang bagus.

Aplikasi kamera mudah digunakan dan cukup jelas. Google Lens terintegrasi dalam aplikasi kamera, sehingga Anda dapat mengidentifikasi objek dan, misalnya, melihat tanaman mana yang ada di jendela Anda. Selain itu, Anda dapat mengaktifkan HDR, memulai timer dan beralih di antara mode. Misalnya, dimungkinkan untuk mengambil foto malam atau potret, atau memilih gerakan timelapse atau lambat.

Foto yang kami ambil ditangkap dengan cukup cepat. Jika kita melihat foto yang telah kita ambil dengan perangkat, kita dapat menyimpulkan bahwa kualitasnya bagus dengan cahaya yang cukup. Warna tampak sesuai dengan alam dan biasanya masih mengandung detail yang cukup. Selain itu, kita melihat bahwa perangkat, terutama mengingat harga di mana ponsel jatuh, juga dapat menyeimbangkan perbedaan kontras dengan baik. Kamera luar biasa yang mengambil gambar luar biasa di siang hari. Di malam hari, jumlah kebisingan meningkat secara signifikan, sesuatu yang sering kita lihat dengan perangkat di sekitar harga ini.

Di mana Nokia 5.3 beres dengan lensa sudut lebar. Foto-foto kemudian jelas kehilangan warna dan ketajamannya. Ada semacam lapisan abu-abu di atas foto saat menggunakan lensa sudut lebar, yang memalukan, karena kamera utama melakukan pekerjaan yang sangat baik.

Lalu ada lensa makro. Dengan resolusi 2 megapiksel Anda seharusnya tidak berharap terlalu banyak dari ini, tetapi itu baik ketika ada cukup cahaya yang tersedia. Dengan demikian fokusnya adalah pada subjek, seperti lebah pada bunga, sementara sisa lingkungannya kabur. Kami memperhatikan bahwa dia terkadang tidak ingin fokus sepenuhnya pada subjek.

Semua foto yang Anda ambil dapat ditemukan di aplikasi Foto Google. Itu juga dapat memberikan akses ke foto yang telah Anda simpan di perpustakaan Google Anda. Foto yang kami buat dengan perangkat dapat ditemukan di bawah. Jika Anda ingin melihat lebih banyak foto, lihat album foto online .

Video

Video yang kami buat dengan Nokia 5.3 juga terlihat bagus. Warna realistis dan terekam dengan baik dan detailnya juga bagus. Nokia dapat merekam dalam 4K atau Full-HD. Selama pembuatan film, Anda tidak dapat beralih antara lensa normal dan lensa sudut lebar, Anda dapat melakukannya sebelum memulai pembuatan film.

Performa dan kemungkinan lainnya

Nokia 5.3 mungkin bukan pembangkit tenaga listrik yang nyata, tetapi dalam penggunaan sehari-hari telepon tentu cukup, karena perangkat ini tentu tidak lambat. Smartphone ini ditenagai oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 665 octa-core. Selain itu, perangkat telah menerima 4GB RAM dan Anda dapat memperluas ruang penyimpanan 64GB yang tersedia dengan kartu memori. Poin plus; selain memasukkan kartu memori, Anda juga dapat menyimpan dua kartu sim. Karena itu slot untuk kartu SIM kedua tidak hilang pada kartu memori.

Pemindai sidik jari terletak di bagian belakang dan berfungsi dengan baik. Anda dapat menambahkan beberapa jari dalam pengaturan perangkat. Pengenalan wajah pada Nokia 5.3 berkinerja lebih sedikit. Bahkan dengan cahaya yang cukup, dibutuhkan beberapa waktu untuk mengenali wajah dan kemudian membuka kunci perangkat. Atau, Anda juga dapat memulai dengan pola atau kode pin.

Perbarui kebijakan

Kebijakan pembaruan adalah suatu keharusan dengan Nokia, semua berkat Android One. Ponsel ini dilengkapi dengan Android 10 dan Anda dapat mengharapkan peningkatan Android selama dua tahun. Ini akan berarti pembaruan ke Android 11 dan Android 12. Selain itu, Nokia merilis pembaruan keamanan bulanan untuk perangkat, untuk periode tiga tahun. Anda pasti akan menemukan bahwa dalam kisaran harga ini dengan hampir tidak ada smartphone lain.

Daya tahan baterai

Baterai 4000 mAh berkinerja sangat baik dalam praktiknya. Smartphone ini bertahan beberapa hari dengan penggunaan rata-rata dengan waktu layar sekitar 5,5 – 6 jam. Performa yang sangat rapi. Dengan penggunaan intensif, Anda dapat dengan mudah mencapai akhir hari tanpa masalah. Pengisian daya memang butuh waktu lebih lama. Pengisian daya dari 10 hingga 100 persen membutuhkan waktu satu jam dan 45 menit.

Review

Nokia suka tetap aktif di segmen menengah yang terjangkau dan masih berhasil dengan baik dengan Nokia 5.3. Untuk 199 euro Anda mendapatkan smartphone yang dilengkapi dengan kamera yang layak, daya tahan baterai yang sangat baik dan layar yang bagus. Selain itu, ponsel ini dilengkapi dengan Android One dan Anda tidak perlu ketinggalan NFC.

Perangkat ini tidak memiliki kelemahan utama, meskipun itu bisa menjadi ukuran untuk beberapa orang. Namun, penting bagi Nokia untuk merawat bug kecil secara serius dan kamera sudut lebar pada Nokia 5.3 juga patut mendapat perhatian. Mencari perangkat yang bagus hingga € 200,00? Maka Nokia 5.3 pasti tidak boleh hilang dalam daftar Anda.